Minggu, 23 Maret 2014

teknoligi adidas di jersey sepak bola


Adidas memperkenalkan teknologi baru yang akan digunakan dalam pembuatan jersey resmi untuk timnas yang mereka sponsori di perhelatan Piala Dunia tahun depan setelah sebelumnya, sejak 2006 lalu, Adidas berkutat dengan teknologi ForMotion. Teknologi baru dari Adidas ini diberi namaadiZero.

Teknologi adiZero ini diklaim akan menghasilkan jersey paling ringan yang pernah diproduksi oleh Adidas dengan berat sekitar 100 gram atau 40% lebih ringan dari jersey terdahulu.

adiZero pertama kali diperkenalkan dalam acara 'The Future of Football' yang diselenggarakan olehAdidas lab pada bulan Mei 2013 kemarin. Melalui acara tersebut, Adidas memperkenalkan teknologi terbaru mereka yang akan membuat perlengkapan sepakbola --mulai baju, celana, kaos kaki, sepatu, hinggan shinpads-- menjadi lebih ringan dari yang pernah diproduksi sebelumnya [total berat dari semua perlengkapan tersebut: 630 gram].

Adidas menerapkan beberapa perubahan signifikan dalam teknologi terbaru mereka agar dapat menghasilkan jersey sepakbola se-ringan mungkin; seperti misalnya logo Adidas diubah dari modelborder atau tenunan ke heat press. Hal ini juga diterapkan pada logo tim yang biasanya dibuat dari bahan woven diganti bahan yang lebih ringan yang juga menerapkan metode heat press. Pastinya, bahan dasar yang dipilih dalam teknologi adiZero untuk pembuatan keseluruhan jersey adalah bahan yang lebih ringan.

Dalam jersey yang dibuat menggunakan teknologi adiZero juga terdapat sistem sirkulasi udara tambahan yang akan membantu pemain tetap kering selama 90 menit. Sistem ini didesain seperti kulit kedua yang akan memberikan kebebasan maksimum dalam bergerak untuk pemain yang memakai jersey ini. Selain itu, jersey terbaru keluaran Adidas ini didesain menyesuaikan bentuk tubuh si pemakai atau slim fit.

Teknologi adiZero ini hanya diterapkan dalam jersey pemain yang berlaga di Piala Dunia 2014. Namun jika ada fans yang ingin merasakan sensasi ringan a la adiZero, Adidas akan merilis paket edisi khusus yang dapat dibeli dengan harga $250 berisikan baju, celana, dan kaos kaki.

NB: Berbeda dari jersey replika yang memang dikhususkan untuk fans, teknologi dengan orientasi menciptakan jersey se-ringan mungkin pada umumnya meniadakan aspek daya tahan. Jadi yang memang ingin sekali mengoleksi jersey berteknologi adiZero diharapkan lebih berhati-hati dalam pemakaian dan perawatannya. Saya pribadi lebih memilih membeli seekor Pokemon dengan harga $250 daripada satu set jersey yang akan memancing perasaan 'awas rusak' setiap kali dipakai atau dicuci.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar