Senin, 17 Maret 2014

Presiden pemilik club kaya di eropa

Sepakbola, khususnya di Eropa, kini bukan hanya sekadar olahraga dan hiburan semata. Sepakbola kini sudah menjadi industri besar. Banyak orang kaya pemilik modal yang menanamkan uangnya untuk berinvestasi dan membeli klub sepakbola.

Inilah para pemilik klub sepakbola terkaya di dunia dan kekayaannya:
1. Amancio Ortega (Pemilik Deportivo La Coruna, Spanyol)
Amancio Ortega
Forbes memperkirakan kekayaan pemilik Deportivo La Coruna, Amancio Ortega (76 tahun, kiri) US$ 37,5 miliar. selain memiliki Deportivo La Coruna, Ortega juga memiliki label busana terkenal asal Spanyol, Zara.

2. Roman Abramovich (Pemilik Chelsea, Inggris)
Pemilik Chelsea, Roman Abramovich
Pemilik klub sepakbola yang paling kontroversial adalah orang Rusia ini, Roman Abramovich. Ia memperlakukan Chelsea bagaikan mainan saja dimana ia suka memecat pelatih apabila prestasi klubnya dan juga mood-nya sedang tidak bagus. Forbes memperkirakan kekayaan pribadinya sebesar US$ 12,1 miliar.

3. Malcolm Glazer (Pemilik Manchester United, Inggris)
Malcolm Glazer,pemilik Manchester United
Pemilik klub Manchester United yang juga pebisnis asal Amerika Serikat, Malcolm Glazer ditaksir memiliki kekayaan sebesar US$ 3,6 miliar. Ia juga dikenal sebagai seorang raja bisnis media.

4. Alisher Usmanov (Pemilik 29% saham Arsenal, Inggris)
Alisher Usmanov
Pengusaha Rusia, Alisher Usmanov, memiliki 29% saham klub papan atas Inggris, Arsenal FC. kekayaannya ditasksir sebesar US$ 18,1 miliar. Ia memiliki aset dari industri baja, telekomunikasi sampai media massa.

5. Silvio Berlusconi (Pemilik AC Milan, Italia)
Silvio Berlusconi
Silvio Berlusconi yang juga kontroversial ini adalah pemilik klub AC Milan yang paling sukses karena ia membawa AC Milan menjadi klub elit di Eropa dan klub Italia yang paling sukses di kompetisi antarklub Eropa paling bergengsi, Liga Champions. Raja media yang juga mantan Perdana Menteri Italia ini kekayaannya sebsar US$ 5,9 miliar.

6. Francois Pinault (Pemilik Rennes, Perancis)
Francois Pinault,pemilik Rennes
Pemilik klub Rennes, Perancis ini pendidikannya hanyalah setingkat SMA, namun jangan sepelekan dia sebab menurut Forbes kekayaannya adalah sebesar US$ 13 miliar.

7. Lakshmi Mittal (Pemilik 34% saham Queen's Park Rangers, Inggris)
Lakshmi Mittal
Pengusaha Inggris keturunan India ini memiliki bisnis industri baja di Inggris. Kekayaan yang dimilikinya ditaksir sebesar US$ 20,7 miliar.

8. Philip Anschutz (Pemilik Klub LA Galaxy, Amerika Serikat)
Philip Anschutz
Kekayaannya ditaksir sebesar US$ 7,6 miliar. Selain memiliki Los Angeles Galaxy, ia juga memiliki perusahaan investasi.

9. Rinat Akhmetov (Pemilik Shakhtar Donetsk, Ukraina)
Rinat Akhmetov
Pemilik klub Shakhtar Donetsk ini memiliki bisnis di industri batubara dan baja. Aset yang dimilikinya adalah sebesar US$ 16 miliar.

10. Sheikh Mansour bin Zayed (Pemilik Manchester City, Inggris)
Sheikh Mansour
Sheikh Mansour (kiri) adalah anggota Kerajaan Uni Emirat Arab. Pria berusia 39 tahun ini memiliki kekayaan pribadi sebesar 4,9 miliar.
(Forbes, Getty Images, Reuters)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar